Sunday 18 August 2013

Dodol



MY DODOL

Dodol adalah salah satu penganan tradisional yang dikategorikan dalam jenis makanan manis. Dodol biasanya disajikan di setiap acara, dodol juga sering dijadikan alternatif oleh-oleh atau buah tangan jika sedang bepergian ke daerah.
Dodol biasanya dikenal berdasarkan nama daerah pembuatannya. Misalnya, dodol garut, dodol cianjur, dodol kudus, dan sebagainya. Dodol-dodol di daerah ini terus berkembang sehingga muncullah dodol dari daerah  lain yang memiliki karakteristik masing-masing. Pada awalnya dodol tersebut memiliki beberapa rasa, yaitu durian, nanas, dan susu. Namun seiring dengan menurunnya antusiasme masyarakat dalam mengonsumsi dodol, produsen dodol pun berkreasi memberikan berbagai alternatif rasa.
Untuk mendapatkan penganan yang baik dan lezat, dodol harus berwarna tua , mengkilat dan pekat. Jika sudah  dikemas, biasanya dodol bisa bertahan cukup lama, yaitu dua hingga enam bulan. Oleh karena itu, masyarakat juga senang membelinya tidak perlu khawatir akan cepat basi.
Di artikel-artikel selanjutnya, saya akan membahas cara pembuatan aneka macam dodol yang mudah-mudahan akan membantu bagi saudara-saudara yang mau bisnis dalam bidang perdodolan.......

No comments:

Post a Comment